Tips Paling Cepat Menangani Kaki/Tangan yang Terkilir



  • KAKI

Kaki terkilir atau keseleo dalam bahasa kedokteraan disebut juga dengan nama cedera muskuloskeleetal (sprain) atau trauma.Trauma dalam pembahasan ini bukan hanya seperti yang ada dalam pikiran seperti masyarakat awam yang mengenal istilah trauma tetapi juga dapat diakibatkan oleh benturan, zat kimia, api, dan yang lainnya.

memar yang merupakan bentuk trauma akibat sentuhan benda tumpul, luka sayat yang merupakan trauma karena benda tajam. Biasanya, terkilir  terjadi pada keadaan saat seseorang terjatuh dengan bertumpu pada tangan dan mendarat dengan bagian luar dari kaki atau mendatar keras ditanah sehingga menyebabkan lutut terpelintir.

  • TANGAN

KECELAKAAN sekecil apapun pasti akan berdampak pada kita, contohnya saja bila kita terjatuh kadang kala tangan atau kaki kita terkilir bisa dibilang keseleo, tapi taukah anda cara yang tepat untuk mengatasinya? disini ada beberapa cara yang semoga bisa membantu Anda.

Keseleo bila tidak ditangani dengan baik dan benar akan berakibat buruk, bisa-bisa Anda mengalami bengkak berkepanjangan sehingga mengakibatkan kesulitan dalam beraktivitas.

  • Gejala terkilir atau Keseleo

Gejala yang kita bisa dirasakan apabila telah mengalami sprain adalah rasa nyeri, bengkak, memar dan hilangnya kemampuan untuk menggerakan sendi.

Walaupun seperti itu, gejala tersebut bisa sangat bervariasi dalam hal beratnya, tergantung dari seberapa parahnya sprain atau terkilir yang terjadi. Terkadang orang yang mengalami terkilir  merasa ada yang robek pada saat cedera terjadi.

Untuk membantu sobat-sobat semua, makanya pada artikel kali ini saya ingin berbagi mengenai cara mengobati keseleo. Hal ini tentu sangat bermanfaat karena dalam berolahraga, cedera yang paling rawan adalah keseleo. Baiklah tidak panjang lebar lagi, berikut ini tips-tipsnya.

Tips dan Cara Mengobati Kaki yang Keseleo Atau Terkilir Dengan Cepat dan Mudah :

1. Jangan Di Pijat

saat kita terjatuh atau keseleo biasanya kita akan langsung refleks memijat kecil atau berusaha menarik-narik bagian yang keseleo dengan harapan agar sakitnya berkurang. Perlu diketahui bahwa hal ini jangan sampai dilakukan.


kita mengalami keseleo, sakit yang kita alami biasanya disebabkan oleh adanya jaringan  pembuluh darah yang robek akibat salah posisi atau terjatuh. Dengan melakukan pijatan langsung setelah mengalami cedera akan membuat robekan pada jaringan  pembuluh darah semakin parah. Tentu akan beresiko cedera  semakin parah.

Ketika saya mengalami cedera di pergelangan tangan akibat terjatuh ketika bermain futsal. Awalnya sakitnya tidak begitu parah, tetapi sebelum tidur saya memutuskan memijat sendiri dengan harapan agar sakitnya cepat hilang.

Alhasil sakitnya bukan hilang, tapi bertambah parah dan bengkak di tangan saya semakin besar.Akhirnya malam itu sukses saya lewati dengan kondisi tidak bisa tidur karena merasakan cenat-cenut di pergelangan tangan. Jadi sekali lagi saya ingatkan, jangan langsung di pijat, kalau ingin dipijat usahakan beberapa hari kemudian setelah bengkaknya hilang.

2. Kompres Dengan Es

Kompreslah bengkak akibat keseleo Anda dengan Es, jangan menggunakan air panas, karena air panas akan membuat peredaran darah menjadi lancar. Selain itu dengan lancarnya peredaran darah pada bagian yang sakit akan membuat cenat-cenutnya semakin terasa.

Dengan menggunakan es  akan membekukan darah pada bagian yang terluka, hal ini akan membatu pembuluh darah cepat memperbaiki diri. Dengan suhu es yang dingin akan membuat rasa sakit yang kita alami semakin berkurang, serta bengkak yang kita alami akan perlahan-lahan mengempis.

Lakukan cara ini selama 2-3 hari hingga bengkak mengempis, dengan frekuensi 10-20 menit sekali dan  jangan terlalu lama mengompres, cukup sampai batas ambang ketahanan kita terhadap esnya saja, jangan dipaksakan berlama-lama, bila sebelum waktu 10 menit suhu di tangan kita sudah normal dan sakit mulai terasa boleh dilakukan pengompresan lagi.

Jika ingin menggunakan air hangat, lakukan beberapa hari kemudian setelah bengkak akibat keseleo mengempis. Tujuannya untuk melancarkan kembali peredaran darah pada bagian yang terluka.

3. Istirahat

sebaiknya bagian tubuh yang mengalami keseleo di istirahatkan total, jangan digunakan untuk melakukan aktivitas apapun.

4. Balut

Anda pernah melihat orang yang bagian tubuhnya di bungkus seperti mumi. dengan melakukan pembalutan seperti itu bertujuan untuk meminimalisir gerakan pada bagian yang keseleo agar luka robek pada pembuluh darah  tidak bertambah parah.

5. Posisikan Di Atas Jantung

Agar sakit yang anda rasakan ketika keseleo tidak terlalu parah, posisikan bagian yang keseleo berada di atas jantung, hal ini bertujuan untuk meminimalisir denyutan pada pembuluh darah ketika jantung sedang memompa.

Jikaposisi kita lebih rendah dari jantung maka aliran darah pada pembuluh darah yang terluka akan semakin kuat ketika jantung sedang memompa, sehingga denyut jatung kita lebih terasa begitu juga dengan rasa sakit dan lebih cenat-cenut.

Sekianlah informasi tentang bagaimana cara mengobati kaki yang keseleo, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Paling Cepat Menangani Kaki/Tangan yang Terkilir"

Posting Komentar